Waspada pada Pewangi

pewangi

Kita mengenal ada tiga macam pewangi yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Pertama, pewangi pakaian, kedua pewangi tubuh yang bertujuan untuk mengurangi bau badan dan ketiga pewangi ruangan. Setiap pewangi mengandung bahan kimia masing-masing, seperti alkohol dan ester. Bahkan ada pewangi yang mengandung ftalat yaitu bahan yang dapat menyebabkan kanker.

Zat lainnya yaitu  volatitile organic compounds (VOC)), mengandung karbon dan menguap pada suhu tertentu. Menghirup VOC tertalu lama dapat mengakibatkan bahaya kesehatan seperti timbul iritasi pada mata, gangguan saluran pernapasan, sakit kepala dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita perlu waspada pada pewangi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pewangi Pakaian

Ketika mencuci pakaian,  selain menggunakan deterjen yang wangi, terkadang menambahkan pewangi dan pelembut pada cucian. Ternyata pewangi pakaian ini juga mengandung VOC. Meskipun untuk beberapa produk mengklaim jika produk pewanginya aman untuk kulit, namun pewangi yang digunakan dalam jangka waktu yang lama akan berubah menjadi toksik. Oleh karena itu, gunakan pewangi seperlunya saja.

Pewangi Tubuh

Kita juga perlu waspada pada pewangi yang digunakan untuk mengharumkan tubuh. Kita mengenal deodoran dan antiperspiran yang fungsinya mencegah keluarnya keringat. Kedua pengharum tubuh ini juga mengandung VOC. Bahkan pada antiperspiran terdapat kandungan alumunium kompleks. Alumunium ini berfungsi menyumbat saluran keringat. Pewangi tubuh yang umum digunakan adalah parfum. Kandungan dalam parfum ada bahan-bahan yang mudah menguap. Sebagai patokan kita, semakin wangi dan tahan lama keharumannya, maka semakin banyak bahan-bahan kimia yang harus kita waspadai.

Pewangi Ruangan

Untuk mengharumkan ruangan ada pengharum yang berbentuk cair dan ada pula yang padat. Untuk pengharusm yang berbentuk padat, seringkali digunakan dengan cara digantungkan di depan AC, kipas angin dan tempat lainnya. Sedangkan yang berbentuk cair digunakan dengan cara disemprot. Selain kandungan di dalam pewangi yang dapat membahayakan kesehatan, kondisi ruangan yang tertutup menyebabkan potensi berbahaya yang berlipat.

Pada umumnya, semua jenis pewangi  berbahan kimia berpengaruh pada sistem pernapasan karena dihirup. Dampak yang paling terasa, adalah bagi penderita alergi dan asma. Dengan mengetahui semua bahayanya kita perlu waspada pada pewangi. Gunakanlah pewangi dalam batas kewajaran saja.

Waspada Pada Pewangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *