Telapak Kaki Kasar Dan Bersisik

kaki

Apa yang menyebabkan telapak kaki kasar dan bersisik? Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor dari luar atau faktor dari dalam. Faktor dari luar yang dapat membuat telapak kaki kasar dan bersisik yaitu terkena bahan kimia seperti deterjen, asam, basa, oli, semen, cat rambut atau bahan perawatan rambut lainnya. Sedangkan faktor dari dalam yaitu adanya bakat alergi yang dimiliki seseorang.

Faktor penyebab telapak kaki kasar dan bersisik tidak selalu hanya satu jenis, tapi bisa saja merupakan gabungan dari beberapa faktor. Bisa saja terjadi, bila faktor yang satu tidak menyebabkan iritasi, namun menjadi cukup kuat ketika digabungkan dengan fakkor yang lain.

Gejala klasik yang terlihat dari penyakit ini, biasanya muncul di bagian kulit yang sering terpapar bahan iritan yang berupa : kulit kering, warna kemerahan, bersisik, lambat laun kulit menjadi tebal, terdapat luka retak dan keluhan lain seperti gatal-gatal dan nyeri.

Hal yang perlu dihindari agar telapak kaki tidak kasar dan bersisik yaitu :

  • Hindari kaki dari tempat yang selalu basah terutama genangan air yang mengandung deterjen seperti ketika mencuci.
  • Gunakan alas kaki yang lembut untuk mengurangi gesekan alas kaki dengan telapak kaki.
  • Jangan pernah mengelupaskan kulit yang kering, mengeras atau yang bersisik. Karena kebiasaan ini dapat menyebabkan luka yang bisa menimbulkan komplikasi infeksi.
  • Gunakan pelembab khusus untuk telapak kaki hingga akan membantu proses melembutkan.
  • Perhatikanlah jika ada kemungkinan penyakit ini juga menyerang kulit telapak tangan

Apabila telapak kaki kasar dan bersisik belum berhasil disembuhkan, atau timbul warna kemerahan di kulit maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Pada umumnya, dokter akan memberi obat-obatan yang dioles berupa anti peradangan dan pelembab khusus. Sedangkan untuk obat anti gatal dan anti alergi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang diminum.

Obat oles anti radang hanya digunakan untuk sementara, paling lama 2 minggu. Sedangkan pelembab, sebaiknya digunakan secara rutin setiap hari. Apabila terjadi komplikasi berupa infeksi bakteri akibat kulit yang retak, maka dokter akan memberikan obat salep dan aobat minum antibiotik.

Apabila perawatan dan pengobatan dilakukan dengan baik, diharapkan telapak kaki kasar dan bersisik dapat disembuhkan.

Telapak Kaki Kasar dan Bersisik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *