Mengenal Penyakit Maag

gaya hidup

Penyakit maag kini tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Anak-anak pun bisa terkena maag. Penderita penyakit ini, segala aktifitasnya akan terganggu jika lambungnya sudah sakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dr Ari Fahrial Syam dari FKUI pada tahun 2001 terhadap 93 orang, ternyata 50 persen dari mereka menderita penyakit maag.

Gejala penyakit maag ditandai dengan rasa sakit di sekitar ulu hati, perut bagian atas. Bahkan sering disertai dengan mual dan muntah. Perut terasa kembung dan begah. Hal ini dipicu karena naiknya asam lambung, kondisi ini dapat menyebabkan luka pada lambung dan perut akan terasa perih, begah dan cepat kenyang.

Sebenarnya asam lambung sangat diperlukan dalam proses pencernaan. Asam lambung berfungsi melumatkan makanan yang masuk yang diubah menjadi berbentuk cairan. Cairan ini kemudian disalurkan dan diserap dalam tubuh. Namun, dalam beberapa kondisi, produksi asam lambung meningkat dan menimbulkan masalah, seperti maag.

Setelah mengetahui penyebab penyakit maag, maka dapat dicari solusinya. Untuk mencegah penyakit ini timbul lagi, aturlah pola makan yang baik. Makan dengan teratur, menghindari makanan yang bisa memicu maag dan menghindari segala suatu yang menimbulkan stres.

Makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit maag yaitu makanan yang pedas, asam dan yang mengandung gas, seperti kol dan sawi. Hindari pula mengkonsumsi minuman bersoda, berakohol dan  kebiasaan merokok. Makanan yang banyak mengandung lemak juga bisa menimbulkan maag. Daging, coklat dan keju merupakan jenis makanan yang memerlukan proses pencernaan lebih lama. Waktu cerna yang lama dapat mengakibatkan pengosongan lambung juga lama.

Jika pengosongan lambung lambat, maka asam lambung akan naik ke atas, balik arah. Perut pun akan menjadi kembung dan begah. Hal ini menimbulkan perasaan cepat kenyang.

Penyakit maag dapat diatasi pula dengan mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung antasida dan biasanya dijual bebas. Sifat obat ini menetralkan asam lambung. Namun, perlu diwaspadai, mengkonsumsi obat terus menerus dan berlebihan dapat merusak ginjal.

Oleh karena itu, jika sakit tidak kunjung sembuh, periksakan diri pada pada dokter. Dalam kasus tertentu, dokter akan melakukan endoskopi untuk mengethaui penyebab penyakit maag yang sebenarnya.

Mengenal Penyakit Maag

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *