Mengelola Keuangan Yang Sehat

uang

Mempunyai penghasilan yang besar belum tentu menjamin seseorang memiliki keuangan yang sehat. Begitu pula, secermat apapun kita mengatur keuangan, masih saja bisa terjadi kebocoran anggaran pribadi. Banyak sekali kebiasaan buruk atau godaan-godaan dari luar yang menyebabkan pendapatan dirasakan kurang. Apalagi jika terjadi kondisi yang darurat sehingga kita terpaksa merogoh kocek dan mengganggu keuangan.

Lalu, apa yang dapat dilakukan agar keuangan yang sehat dapat kita miliki? Berikut ini ada solusi yang mengatasi sumber kebocoran finansial:

Cermat ketika berbelanja. Pada saat berbelanja bulanan di supermarket biasanya pembelian tidak terkontrol, bahkan sampai over spending. Medadak, semua ingin dibeli. Untuk mengatasinya  biasakan membuat catatan belanja dari rumah. Hindari membeli sesuatu di luar catatan yang telah dibuat. Jika kita merasa agak kaku, cobalah menetapkan anggaran yang boleh digunakan. Tinggalkan kartu kredit di rumah, dan gunakan saja uang tunai untuk membayar belanjaan.

Tanpa perencanaan yang baik, maka keuangan yang sehat akan sulit untuk diwujudkan. Dalam membuat anggaran sesuaikan dengan gaya hidup atau kebutuhan seseorang. Catat di secarik kertas atau menggunakan aplikasi di gadget. Untuk orang yang sering bepergian ke luar kota tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda dibandingkan dengan yang tidak sering pergi ke luar kota. Begitu pula bagi yang memiliki keluarga besar, perencanaan keuangannya berbeda dengan keluarga kecil.

Membeli sesuai dengan kebutuhan. Pernahkah merasakan penyesalan ketika pulang dari pusat perbelanjaan karena berbelanja yang tidak diperlukan? Kadang-kadang kita membeli suatu barang dan beranggapan, kapan lagi ada barang bagus dengan harga murah. Lain kali, jika tergoda untuk membeli barang tanpa perencanaan, cobalah menundanya terlebih dahulu minimal 1 x 24 jam. Biasanya dengan pikiran yang lebih jernih, baru kita dapat memutuskan perlu tidaknya barang tersebut.

Banyaknya tawaran diskon dapat kita gunakan untuk membeli barang yang selama ini dibutuhkan namun belum sempat dibeli. Seringkali harganya jauh lebih rendah dari pada harga normal. Tapi, perlu diingat, jangan sampai terjebak untuk membeli apa pun yang sedang didiskon tanpa mempertimbangkan anggaran.

Dengan melakukan pengelolaan anggaran yang baik, maka keuangan kita pun bisa selalu sehat.

Mengelola Keuangan Yang Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *