Manajemen Stress Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

stress

Semua manusia pasti memiliki masalah, mulai dari masalah pekerjaan, masalah anak, masalah rumah tangga, masalah keuangan sampai urusan ngga punya waktu untuk sekedar mencuci mobil. Masalah yang dihadapi setiap orang pasti berbeda dan cara menghadapinya juga berbeda. Nah, masalah-masalah yang dihadapi ini dapat mengakibatkan stress. Stress ngga selalu berakibat buruk kok, dengan manajemen Stress yang tepat, stress justru bisa menjadi hal positif.

Stress sebenarnya bisa diartikan sebagai sebuah kondisi individu yang dibenturkan oleh banyak tuntutan, peluang dan kemampuan individu tersebut dengan keinginan dan masalah prioritas. Nah, agar masalah yang dihadapi justru membuat kondisi lebih buruk maka stress perlu dikelola dengan tepat. Apa sih pengelolaan stress itu? manajemen Stress atau lebih dikenal dengan Stress management bisa diartikan dengan sederhana sebagai kemampuan individu dalam menggunakan segala kemampuannya dalam menghadapi segala macam bentuk gangguan secara mental dan emosi. Sehingga kita dapat merespon dengan segala masalah dengan proposional sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Kemampuan ini merupakan hasil dari sebuah proses panjang dan ngga akan terjadi bila individu mampu membentengi dirinya dari segala macam tekanan eksternal.

Apakah kita termasuk orang yang akan meninggalkan masalah atau kita termasuk orang yang akan menghadapi dan melawan masalah yang ada? Dalam Manajemen Stress, kita didorong untuk menghadapi dan melawan dengan baik masalah agar membuat kondisi hidup menjadi lebih baik. Ada 4 strategi dalam stress management:

  • Merekayasa lingkungan; Kalau anda seorang pekerja kantoran dan merasa stress dengan lingkungan kerja, kita bisa merubah lingkungan kerja dari faktor-faktor yang menimbulkan stress menjadi lebih menyenangkan dan nyaman. Misalnya dengan penambahan personel atau alur kerja.
  • Merekayasa kepribadian; strategi ini lebih menekankan perubahan –perubahan dalam diri individu seperti pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan lainnya sehingga mampu meningkatkan performance.
  • Penenangan pikiran; bisa dilakukan dengan meditasi, yoga, dzikir dan relaksasi agar mengurangi rasa cemas.
  • Aktifitas fisik; olah raga adalah salah satu aktivitas fisik yang terbukti mampu mengurai stress

Dengan strategi pengelolaan stress yang tepat dan sesuai dengan diri kita, masalah yang dialami justru dapat menjadi faktor pendukung kesuksesan.

Manajemen Stress Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Image source: wisegeek.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *