Resiko Duduk Terlalu Lama

sitting

Berlama-lama duduk di depan komputer untuk bermain video games, menjalankan bisnis online, atau sekedar memantau akun media sosial yang kita miliki tentu sangat menyenangkan hingga sering kali membuat kita lupa waktu. Tanpa sadar badan mulai terasa nggak enak, mulai pegal-pegal dan punggung terasa sangat cape. Padahal posisi duduk adalah posisi di mana badan kita terlihat rileks dan santai. Pernah nggak kebayang kalau resiko dari duduk terlalu lama bisa saja kita alami.

Biasanya sih hal ini dialami oleh para pekerja kantoran yang hampir seharian waktunya dihabiskan di depan layar komputer. Supir dan orang yang senang melakukan perjalanan jauh juga rentan mendapat resiko dari duduk terlalu lama. Yah tentu ngga mungkin supir mengendarai mobil sambil berdiri kan?

Masalah kesehatan yang akan muncul dari porsi duduk yang berlebihan umumnya adalah perubahan bentuk tulang punggung. Resiko dari duduk terlalu lama ini biasanya adalah tulang akan bengkok menyerupai huruf ā€˜Sā€™ dan ā€˜Cā€™ atau dikenal dengan istilah scoliosis. Cara duduk yang salah juga memperparah kondisi tulang punggung.

Scoliosis ini memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, dan kecelakaan. Namun lebih banyak kasus terjadi pada pekerja kantoran karena selalu berada posisi yang sama dalam waktu yang panjang (posisi duduk). Kalau anda merasa salah satu tulang bahu lebih menonjol, kepala terlihat nggak lurus dengan panggul dan tubuh condong miring bisa jadi ada yang salah dengan tulang punggung, apalagi kalau sering dan mudah merasa lelah dan nyeri otot.

Sebenarnya ada beberapa terapi untuk memperbaiki tulang yang bengkok karena kebiasaan duduk lama seperti penggunaan penyangga. sebelum harus menggunakan penyangga, lebih baik hindari saja untuk duduk berlama-lama. Dengan melakukan perenggangan secara berkala dengan menggerakan tubuh dan berjalan sebentar setelah duduk selama sejam bisa dilakukan sehingga tulang tidak mengalami kelelahan dalam satu posisi yang lama. Bagi yang melakukan perjalanan jauh, bisa memanfaatkan rest area untuk sekedar beristirahat dan merenggangkan otot-otot sebelum melanjutkan perjalanan.

Resiko Duduk Terlalu Lama

Image source: medicmagic.net

7 Responses to Resiko Duduk Terlalu Lama

  1. Max Manroe says:

    Selain badan bisa bungkuk, kalau terlalu lama duduk waktu kerja atau di depan komputer bisa menyebabkan otot kaku dan bisa cedera syaraf. Tapi yang paling sering itu memang resiko pada tulang belakang

  2. Tina Latief says:

    wah, terus kalau kerjaannya duduk melulu bagaimana nih?
    lucu ngga ya jalan-jalan sebentar..

  3. Ismah says:

    Iya,Mb.Tina Latief,disarankan jalan-jalan sebentar,didalam ruangan pun nggak papa,meregangkan otot punggung sejenak.

  4. untuk sebagian internet marketing resiko mungkin yaa ?

  5. resiko jadi blogger…apalagi pas baru bkin blog baru.

  6. Dahsyat says:

    untuk mengatasinya selain jalan2, bisa juga di selingi dengan baring sambil meletakan bantal pada bagian pinggang…
    jangan lupa minum air putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *