Cara Jitu Manajemen Waktu

waktu

Dalam sehari, semua orang memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam sehari. Namun dalam penggunaannya, berbeda-beda. Ada yang bisa melakukan manajemen waktu dengan baik, namun ada pula yang cenderung lalai dan menyia-nyiakan waktu dengan hal yang tidak berguna.

Setidaknya, ada tiga manfaat jika kita bisa memanajemen waktu kita dengan baik.

Pertama, meningkatkan produktivitas. Seseorang mampu menentukan hal apa saja yang lebih penting sehingga bisa fokus mengerjakannya. Sehingga ia juga bisa mengatur waktu luang untuk dirinya sendiri. Kedua, Meningkatkan kepuasan tersendiri. Dengan banyaknya hal yang dapat terselesaikan dengan baik, dapat meningkatkan kepuasan individu itu sendiri. Ketiga, mengurangi stress ketika menghadapi banyak hal yang harus dilakukan.

Faktor yang mendukung keberhasilan seseorang memanajemen waktunya adalah rasa disiplin, tanggung jawab, komitmen dan faktor lingkungan. Sedangkan yang dapat menghambat pelaksanaannya yaitu timbulnya rasa malas. Lalu, bagaimana menghalau rasa malas tersebut? Caranya dengan membangun mental disiplin dan motivasi yang kuat.

Perlu kiat yang khusus untuk membangun budaya manajemen waktu. Ada 4 cara agar kita bisa memanajemen waktu dengan baik, yaitu :

  1. Berikan skala prioritas pada rencana kerja. Tetapkan sasaran dan rencana kerja untuk satu hari, satu minggu, satu bulan atau bahkan satu tahun. Susunlah berdasarkan prioritas yang harus terlebih dahulu diselesaikan. Pilihlah semua aktifitas berdasarkan kategori penting, tidak penting, mendesak atau tidak mendesak. Sesuaikan waktu untuk menjalankan rencana tersebut.
  2. Gunakan alat bantu manajemen waktu, seperti planner, to do list, reminder calendar dan lain sebagainya.
  3. Segera ambil tindakan. Jangan menunda untuk memulai sesuatu. Memang bagian tersulit adalah memulai, oleh karena itu segera memulai jangan menunda. Begitu memulai suatu pekerjaan, kita akan tahu apa yang harus dikerjakan.
  4. Bagikan dengan orang lain. Belajarlah untuk mendelegasikan tugas-tugas dengan orang lain. Namun, jangan sampai pendelegasian itu justru menyia-nyiakan waktu orang lain. Pertimbangkan dengan baik, karena waktu orang lain pun sama berharganya dengan waktu yang kita miliki.

Dalam membuat perencanaan waktu yang baik, tentunya tidak terlepas dari kondisi lingkungan kita. Oleh karenanya, ciptakanlah lingkungan yang kondusif dan berkumpul bersama dengan orang-orang yang mendukung terciptanya manajemen waktu yang baik.

Cara Jitu Manajemen Waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *